Pelatihan & Ujian Sertifikasi Professional Thn 2018

  1. LATAR BELAKANG

Saat ini dunia bergerak cepat menuju terbentuknya masyarakat berbasis sains (science-based society), kegiatan bisnis berbasis ilmu pengetahuan (knowledge-based business enterprises), dan terwujudnya suatu budaya baru berlandaskan IpTekS.

Ketika dunia memasuki millenium ketiga, semua bangsa maju sepakat untuk menyatakan bahwa penguasaan IpTekS merupakan prasyarat dalam meraih kemakmuran. Teknologi, dalam kancah perekonomian global sudah dianggap sebagai investasi dominan dalam pembangunan ekonomi. Oleh karena itu, membangun masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society) sangat diperlukan dalam mendorong terciptanya kemampuan teknologi suatu bangsa.

Pada saat ini terdapat kesenjangan yang cukup besar antara ketersediaan dan kebutuhan SDM TI (Teknologi Informasi) di Indonesia. Jawaban kunci untuk meningkatkan literasi dan juga meningkatkan kualitas pekerja di bidang TI adalah melalui pengembangan standar kompetensi dan pemberian sertifikasi bagi tenaga TI.

Hampir dalam semua seminar antara pelaku industri dan akademisi yang membahas masalah “link and match” membicarakan isu mengenai bagaimana terjadi kecenderungan adanya anggapan di dunia industri bahwa nilai “sertifikat” atau “sertifikasi” tertentu jauh lebih tinggi atau relevan (baca: berguna) dibandingkan dengan “ijasah” perguruan tinggi.

Standar kompetensi dan sertifikasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi begitu penting karena; Pertama, akan bermanfaat bagi industri dalam melakukan proses penerimaan atau pengangkatan tenaga; Kedua, standar kompetensi akan bermanfaat untuk mengembangkan SDM di bidang TI; Ketiga, dengan adanya standar kompetensi kerja yang sesuai dengan kebutuhan pengguna yaitu khususnya di dunia industri, akan mempermudah bagi lembaga pendidikan dalam mengembangkan standar kompetensi lulusannya.

Pelatihan ISO/IEC 20000 LEAD AUDITOR adalah untuk mengembangkan keahlian yang diperlukan untuk melakukan audit Sistem Manajemen Layanan TI (ITSMS) dengan menerapkan prinsip, prosedur, dan teknik audit yang diakui secara luas. Selama kursus pelatihan ini, Anda akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk merencanakan dan melaksanakan audit internal dan eksternal sesuai dengan proses sertifikasi ISO 19011 dan ISO / IEC 17021-1.

2. BENTUK KEGIATAN

Kegiatan pelatihan dan ujian sertifikasi ini adalah merupakan serangkaian kegiatan yang menyatu dengan kegiatan pelatihan dan ujian sertifikasi mahasiswa program studi Sistem Informasi. Kegiatan ini berbentuk pelatihan yang diikuti oleh Dosen Sistem Informasi.

3. TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan ini bertujuan untuk

  1. Mengembangkan kapabilitas dan kemampuan keahlian / kompetenesi khusus bagi para dosen dalam bidang audit IT Service Management System (ITSMS)
  2. Meningkatkan daya saing (competitive advantage) di tingkat global
  3. Dapat menjadi trainer pada program pelatihan sertifikasi mahasiswa.

4. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan pelatihan sertifikasi di laksanakan pada tanggal 2 – 6 Juli 2018 di  Jakarta.

5. PESERTA

Peserta pada kegiatan pelatihan ini adalah sejumlah 16 Dosen Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Peserta Pelatihan ISO/IEC 20000 LEAD AUDITOR:

  1. Nia Kumaladewi, MMSI
  2. Zainul Arham, M.Si
  3. Nuryasin, M.Si
  4. Syopiansyah Jaya Putra, M.Sis
  5. Eri Rustamaji, MBA
  6. Fitroh, M.Kom
  7. Qomarul Huda, PhD
  8. Bayu Waspodo, MM
  9. Evy Nurmiati, MMSI
  10. Suci Ratnawati, MTI
  11. Yuni Sugiarti, M.Kom
  12. Aries Susanto HT, PhD
  13. Nidaul Hasanati, MMSI
  14. Nur Gunawan, MBA
  15. Elsy Rahajeng, MTI
  16. Yusuf Durrachman, MIT

Beberapa dokumentasi kegiatan pelatihan tersebut;