Category Archives: 1. KEGIATAN

Pertemuan Forum Pimpinan Prodi Sistem Informasi se-Indonesia

Pertemuan Forum Pimpinan Prodi Sistem Informasi se-Indonesia,

2 Juli 2018

LATAR BELAKANG

Dalam rangka merumuskan dan menyepakati positioning program studi Sistem Informasi terhadap program studi lain di Indonesia (dalam hal kurikulum maupun penelitian), penentuan okupasi-okupasi domain Sistem Informasi, dan kerja-sama pengumpulan feedback industri terkait pengetahuan dan ketrampilan masing-masing okupasi domain Sistem Informasi, maka asosiasi profesi Association for Information Systems – Indonesia chapter (AISINDO) bekerja-sama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) mengundang para pimpinan program studi seluruh Indonesia (atau yang mewakili) untuk menghadiri  Pertemuan Forum Pimpinan Prodi Sistem Informasi se-Indonesia.

Pertemuan dan hasil pertemuan ini sangat penting dan strategis khususnya bagi pengembangan kurikulum setiap program studi Sistem Informasi di Indonesia, ke-khas-an ruang lingkup pendidikan dan penelitian Sistem Informasi dibanding bidang ilmu lainnya, okupasi-okupasi yang dapat diclaim sebagai domain program studi Sistem Informasi, dan kerja-sama jangka panjang antar program studi Sistem Informasi di Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan  selama satu (1) hari pada tanggal 2 Juli 2018, bertempat di Universitas Pelita Harapan (UPH), Multipurpose Room, MYC, Gedung C Lantai 2, Jl. MH. Thamrin Boulevard 1100 Lippo Village, Kelapa Dua, Karawaci, Tangerang, Banten. Dan dihadiri oleh Pimpinan Prodi Sistem Informasi seluruh Indonesia. Dari Prodi Sistem Informasi hadir;

  1. Nia Kumaladewi, MMSI
  2. Dr. Qurrotul Aini, MT
  3. M. Qomarul Huda, PhD
  4. Bayu Waspodo, MM

Bukber Keluarga Besar Prodi Sistem Informasi

Bukber Keluarga Besar Prodi Sistem Informasi

dengan tema “Berbagi Ceria Ramadhan 1439 H(Jumat, 18 Mei 2018)

Bersama Yatim Piatu Kelurahan Pamulang Timur”

Alhamdulillah Ramadhan tahun ini dosen” Prodi Sistem Informasi dapat melaksanakan kegiatan Buka Puasa Bersama dengan anak” Yatim Piatu Kelurahan Pamulang Timur di Villa Inti Persada (Kediaman Bu Yuni Sugiarti) pada hari Jumat tanggal 18 Mei 2018.

Kegiatan di isi dengan ceramah Ramadhan oleh bapak Nuryasin, M.Kom dan  di lanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak” yatim piatu dan buka puasa bersama. Terimakasih kepada para donatur yang telah ikhlas menyumbangkan sebagian harta nya untuk diberikan kepada anak” yatim piatu. Terimakasih juga kepada Ketua Panitia Bukber Bu Meinarini Catur Utami, MT.

Semoga Allah SWT membalasnya dengan keberkahan… Aamiin YRA.

SI_FST_UIN

Pelatihan & Ujian Sertifikasi Professional Thn 2017

Saat ini dunia bergerak cepat menuju terbentuknya masyarakat berbasis sains (science-based society), kegiatan bisnis berbasis ilmu pengetahuan (knowledge-based business enterprises), dan terwujudnya suatu budaya baru berlandaskan IpTekS.

Ketika dunia memasuki millenium ketiga, semua bangsa maju sepakat untuk menyatakan bahwa penguasaan IpTekS merupakan prasyarat dalam meraih kemakmuran. Teknologi, dalam kancah perekonomian global sudah dianggap sebagai investasi dominan dalam pembangunan ekonomi. Oleh karena itu, membangun masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society) sangat diperlukan dalam mendorong terciptanya kemampuan teknologi suatu bangsa.

Pada saat ini terdapat kesenjangan yang cukup besar antara ketersediaan dan kebutuhan SDM TI (Teknologi Informasi) di Indonesia. Jawaban kunci untuk meningkatkan literasi dan juga meningkatkan kualitas pekerja di bidang TI adalah melalui pengembangan standar kompetensi dan pemberian sertifikasi bagi tenaga TI.

Hampir dalam semua seminar antara pelaku industri dan akademisi yang membahas masalah “link and match” membicarakan isu mengenai bagaimana terjadi kecenderungan adanya anggapan di dunia industri bahwa nilai “sertifikat” atau “sertifikasi” tertentu jauh lebih tinggi atau relevan (baca: berguna) dibandingkan dengan “ijasah” perguruan tinggi.

Standar kompetensi dan sertifikasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi begitu penting karena; Pertama, akan bermanfaat bagi industri dalam melakukan proses penerimaan atau pengangkatan tenaga; Kedua, standar kompetensi akan bermanfaat untuk mengembangkan SDM di bidang TI; Ketiga, dengan adanya standar kompetensi kerja yang sesuai dengan kebutuhan pengguna yaitu khususnya di dunia industri, akan mempermudah bagi lembaga pendidikan dalam mengembangkan standar kompetensi lulusannya.

DevOps Essential (DevOps) adalah masa depan IT. Program ini menyediakan pengenalan DevOps – gerakan budaya dan profesional yang menekankan komunikasi, kolaborasi, integrasi dan otomatisasi dalam rangka meningkatkan aliran kerja antara pengembang perangkat lunak dan operasi IT profesional. Untuk memaksimalkan aliran nilai IT untuk DevOps pelanggan menciptakan meningkatkan kemampuan untuk merancang, mengembangkan , menyebarkan dan mengoperasikan perangkat lunak dan layanan yang lebih cepat untuk kepentingan bisnis. Kepuasan yang lebih tinggi pelanggan, kualitas yang lebih baik, pengiriman lebih cepat dan biaya yang lebih rendah adalah semua manfaat dari DevOps .

Program sertifikasi Comptia Cloud+ ini akan mengesahkan peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memahami prinsip-prinsip komputasi awan utama dan konsep. Mengerti apa komputasi awan berarti dari perspektif bisnis dan teknis dan memahami apa yang terlibat dalam bergerak ke dan mengatur awan.

Program sertifikasi ISO 27001 merupakan standar internasional yang menjadi dasar pengelolaan informasi rahasia dan sensitif secara efektif, dan untuk penerapan pengendalian keamanan informasi. Ini memungkinkan organisasi untuk menunjukkan keunggulan dan membuktikan praktik terbaik dalam pengelolaan Keamanan Informasi. Kesesuaian dengan standar tersebut mengharuskan komitmen untuk terus memperbaiki pengendalian informasi rahasia dan sensitif, memberikan kepastian kepada sponsor, pemegang saham dan pelanggan. Diluncurkan kembali pada tahun 2013, ISO / IEC 27001 dibangun berdasarkan yayasan yang didirikan sebagai standar internasional yang paling banyak dikenal yang ditujukan khusus untuk manajemen keamanan informasi. Penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS) adalah keputusan strategis yang mendorong koordinasi pengendalian keamanan operasional di seluruh organisasi sumber informasi elektronik dan fisik. Standar tersebut dapat diintegrasikan dengan standar kerangka sistem manajemen lainnya, seperti standar mutu ISO 9001 dan ISO / IEC 20000 untuk manajemen layanan TI. ISO / IEC 27001 menyediakan model untuk menetapkan, menerapkan, memelihara dan terus memperbaiki ISMS yang dikelola dengan risiko. Perancangan dan implementasi sistem manajemen disesuaikan dengan tujuan organisasi, aset informasi, proses operasional dan pengaturan persyaratan keamanan peraturan dan peraturan.

Kegiatan pelatihan dan ujian sertifikasi ini adalah merupakan serangkaian kegiatan yang menyatu dengan kegiatan pelatihan dan ujian sertifikasi mahasiswa program studi Sistem Informasi. Peserta pada kegiatan pelatihan ini adalah  Dosen Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Peserta DevOps Essential:

  1. Nia Kumaladewi, MMSI
  2. Eva Khudzaeva, M.Si
  3. Nur Aeni Hidayah, MMSI
  4. Syopiansyah Jaya Putra, M.Sis
  5. M. Nur Gunawan, MBA
  6. Sarip Hidayatullah, MMSI
  7. Qomarul Huda, PhD
  8. Bayu Waspodo, MM
  9. Nurbojatmiko, M.Kom

Peserta Comptia Cloud+:

  1. Nidaul Hasanati, MMSI
  2. Evy Nurmiati, MMSI
  3. Yuni Sugiarti, M.Kom
  4. Aries Susanto HT, PhD

 Peserta ISO 27001:

  1. Suci Ratnawati, MTI
  2. Elsy Rahajeng, MTI

 

Yudisium FST ke 50, UIN ke 108 (2 Mei 2018)

Yudisium FST ke 50, UIN ke 108 (2 Mei 2018) …#Selamat Berkarya

Yudisium FST ke 49, UIN ke 107 (15 Februari 2018)

Yudisium FST ke 49, UIN ke 107 (15 Februari 2018) …#Selamat Berkarya

 

Kunjungan Industry/Fieldtrip ke PT. Mid Solusi Nusantara (Sleekr)

Kunjungan Industry/Fieldtrip ke PT. Mid Solusi Nusantara (Sleekr) , 19 April 2018

Penyelenggaraan kegiatan Kunjungan Industri/fieldtrip  bagi Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi merupakan salah satu  bentuk partisipasi Program Studi Sistem Informasi sebagai bagian dari institusi pendidikan mempedulikan kemampuan mahasiswanya untuk bersaing di pasar global. Bentuk konkritnya adalah dengan memberikan sarana untuk dapat memperoleh sharing knowledge dan skill serta teknologi yang berhubungan dengan Sistem Informasi. Oleh karena itu, Kunjungan Industri/Fieldtrip  di bidang Sistem Informasi perlu dilakukan.

Kegiatan ini alhamdulillah telah dapat dilaksanakan sesuai dengan tanggal 19 April 2018  dengan mengunjungi industry/fieldtrip ke PT. Mid Solusi Nusantara (Sleekr) 

 

Kunjungan Industry/Fieldtrip ke Pemda DKI

Kunjungan Industry/Fieldtrip ke Pemda DKI, 10 April 2018

Penyelenggaraan kegiatan Kunjungan Industri/fieldtrip  bagi Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi merupakan salah satu  bentuk partisipasi Program Studi Sistem Informasi sebagai bagian dari institusi pendidikan mempedulikan kemampuan mahasiswanya untuk bersaing di pasar global. Bentuk konkritnya adalah dengan memberikan sarana untuk dapat memperoleh sharing knowledge dan skill serta teknologi yang berhubungan dengan Sistem Informasi. Oleh karena itu, Kunjungan Industri/Fieldtrip  di bidang Sistem Informasi perlu dilakukan.

Kegiatan ini alhamdulillah telah dapat dilaksanakan sesuai dengan tanggal 10 April 2018  dengan mengunjungi industry/fieldtrip ke Pemda DKI (UPT Smart City Pemda DKI). 

Selamat Atas Gelar Doktor pada Ibu Dr. Qurratul Aini, MT

Selamat kepada ibu Dr. Qurrotul Aini, MT

pada sidang terbuka Promosi Doktor di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya pada tanggal 6 Maret 2018, Breadth Fixed Gossip-G Untuk Algoritma Optimasi Rute Jaringan Bergerak Maritim yang diangkat dari judul disertasi Optimasi Rute Trafik Data dan Destinasi Pada Jaringan Bergerak Maritim Menggunakan Algoritma Blind Search dan Swarm Intelligence

 

 

Workshop Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Jurnal Internasional Prodi Sistem Informasi (SI)

Workshop Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Jurnal Internasional Prodi Sistem Informasi (SI)

Rabu – Kamis, 14 – 15 Maret 2018

Penyelenggaraan kegiatan Workshop Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Jurnal Internasional Prodi Sistem Informasi (SI) tanggal  14 – 15 Maret 2018 bagi Dosen – dosen Program Studi Sistem Informasi merupakan salah satu  bentuk partisipasi Program Studi Sistem Informasi sebagai bagian dari institusi pendidikan mempedulikan bentuk partisipasi Program Studi Sistem Informasi sebagai bagian dari institusi pendidikan untuk mandapatkan pengakuan publik terhadap suatu perguruan tinggi sebagai garansi kepada masyarakat. Oleh karena itu, Workshop Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Jurnal Internasional Prodi Sistem Informasi (SI) perlu dilakukan. Bentuk konkritnya adalah dengan memberikan sarana untuk dapat memperoleh sharing knowledge dan skill serta teknologi yang berhubungan dengan publikasi paper pada konferens dan jurnal terindeks Scopus dan IEEE Explore. Oleh karena itu, Workshop Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Jurnal Internasional Prodi Sistem Informasi (SI) di bidang Sistem Informasi perlu dilakukan.

Adapun narasumber pada acara ini adalah;

  1. Prof Teddy Mantoro
  2. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom

Materi:

  1. 2. Intro2Writing-title-abstract-intro

 

Studium Generalle Prodi Sistem Informasi

Studium Generalle Prodi Sistem Informasi

27 Maret 2018, Theater Room Lt2 FST

 

Alhamdulillah kegiatan Studium Generalle Prodi Sistem Informasi dengan tema “Startup Digital dan Financial Technology” telah di laksanakan semoga ilmu yang didapat menjadi ilmu yang bermanfaat. Aamiiinnn

Hadir narasumber pada kegiatan adalah Bapak Misbachul Munir, M.Kom

Materi :