Category Archives: Kunjungan Industri/Fieldtrip

Kunjungan industry/fieldtrip ke LAPAN

Alhamdulillah kegiatan Kunjungan industry/fieldtrip ke LAPAN telah dilaksanakan pada tanggal 27 September 2017.

Rombongan mahasiswa dengan di dampingi oleh Dosen Prodi SI berangkat dengan menggunakan Bus dari Kampus 1 UIN Jakarta, pada hari Rabu pagi jam 7.00 dan tiba di lokasi pada jam 10.

Pada kegiatan tsb mahasiswa dan dosen mendapatkan pengetahuan mengenai Remote Sensing dan implementasi nya.

berikut dokumentasi dari kegiatan tsb  ;

Kunjungan industry/fieldtrip ke Badan Informasi Geospasial (BIG)

Alhamdulillah kegiatan Kunjungan industry/fieldtrip ke Badan Informasi Geospasial (BIG) telah dilaksanakan pada tanggal 27 September 2017.

Rombongan mahasiswa dengan di dampingi oleh Dosen Prodi SI berangkat dengan menggunakan Bus dari Kampus 1 UIN Jakarta, pada hari Rabu pagi jam 7.00 dan tiba di lokasi pada jam 10.

Pada kegiatan tsb mahasiswa dan dosen mendapatkan pengetahuan mengenai Geospatial dan implementasi nya.

berikut dokumentasi dari kegiatan tsb  ;

 

Fieldtrip/Kunjungan Industri Mahasiswa

KUNJUNGAN INDUSTRI (FIELDTRIP)

 PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari Flour Mills Indonesia

Jakarta International Container Terminal (JICT)

Indonesia Stock Exchange (IDX)

Kamis, 2 Juni 2016

Tema : “Implementasi Keilmuan dalam Dunia Industri”

Alhamdulillah pada tgl 2 Juni 2016, prodi Sistem Informasi bersama mahasiswa dan dosen telah melakukan kunjungan industri ke Bogasari Flour Mills  dan Jakarta International Container Terminal (JICT) di Tanjung Priok. Kegiatan kunjungan industri merupakan kegiatan rutin setiap tahun dari prodi agar mahasiswa dan dosen dapat mengetahui dan mempelajari bagaimana implementasi matakuliah yang di pelajari di perkuliahan  dengan dunia industri. Ucapan terimakasih kami haturkan kepada dosen, mahasiswa, pihak perusahaan ( Bpk. Thimoteus Da Gomez – Bogasari dan Ibu  Evi Kusumawati & Ibu Nita – JICT) yang telah bersedia menerima kunjungan kami serta semua pihak yang telah membantu sehingga kegiatan kunjungan industri ini dapat terlaksana dengan baik.

Sekilas Mengenai Perusahaan

  1. Bogasari Flour Mills Indonesia

Didirikan secara notarial tanggal 19 Mei 1969 sebagai Perseroan Terbatas (PT) Bogasari Flour Mills dengan fungsi sebagai pengolah yang menggiling gandum menjadi tepung terigu. Sedangkan Badan Urusan Logistik (BULOG) bertindak sebagai importir gandum dan distributor tepung terigu.

Pada Tgl 29 November 1971 Bogasari resmi beroperasi sebagai pabrik penggilingan gandum yang berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara dan meluncurkan tiga merek produk perdana yaitu Cakra Kembar, Segitiga Biru, dan Kunci Biru. Pada tanggal 10 Juli 1972, Pabrik Bogasari yang ke-2 yang berlokasi di-Tanjung Perak, Surabaya resmi beroperasi. Didirikannya pabrik ke-2 Bogasari di Surabaya dalam rangka meng-cover kebutuhan tepung terigu di-wilayah Indonesia bagian timur.

Pada tahun 1977 Bogasari juga mengoperasikan kapal-kapal pengangkut gandum yang dikelola oleh Divisi Maritim Bogasari. Pada tanggal 15 Oktober 1981, diresmikan berdirinya Baking School di areal pabrik Bogasari Jakarta, sebagai unit pelatihan pengolahan makanan berbasis terigu yang sekarang bernama Bogasari Baking Center (BBC). Saat ini BBC sudah beroperasi di 17 kota dan memiliki 20 cabang.Bogasari terus melakukan diversifikasi businessnya dan pada tanggal 18 Desember 1991 Bogasari mengoperasikan Pabrik Pasta yang memproduksi jenis makanan asal Italia seperti Spagetti, Spagettini, Fetucini, Vermicelli, dan Macaroni dengan merek La Fonte.

28 Juli 1992, PT Bogasari Flour Mills diakuisisi oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa dan berganti status menjadi Divisi bukan lagi PT. 8 November 1995, Penandatanganan MoU antara Bogasari dengan Koperasi Industri Kerajinan Rakyat Mie dan Bakso (Kopinkra Miso). Peristiwa ini menandai perhatian yang lebih serius Bogasari terhadap khususnya para pengrajin mi melalui koperasi, kelompok arisan dan paguyuban seperti Paguyuban Mie Tunggal Rasa, Gabungan Pengrajin Mie dan Roti (Garamiro) dan lain-lain.

29 November 1996, Bogasari meraih Sertifikat ISO 9002 Versi 1994 untuk standar mutu, yang saat ini dikenal sebagai ISO 9001 versi 2008. 16 Oktober 1998, Dalam rangka Hari Pangan Sedunia, meluncurkan Bogasari Nugraha sebagai penghargaan bagi para peneliti unggul di bidang gandum dan tepung terigu yang sekarang menjadi Indofood Riset Nugraha.

14 Januari 1999, Menjadi produsen tepung terigu pertama yang memiliki produk yang sudah difortifikasi dengan vitamin berupa zat gizi besi sesuai dengan motto “Bogasari Turut Mmbangun Gizi Bangsa”.

Bogasari membuka depo pertama di Belawan, Medan, pada tanggal 27 April 1999 dan terus berkembang. Sampai saat ini sudah memiliki 28 depo yang tersebar di puluhan provinsi Indonesia.

22 Desember 1999 Bogasari mulai meluncurkan merek-merek baru yakni Cakra Kembar Emas, dilanjutkan dengan Lencana Merah dan lain-lain.

Bekerja sama dengan Departemen Pertanian RI dan Departemen Pertanian India mengembangkan proyek penanaman gandum “Gandum 2000 Bogasari” di sejumlah lokasi di seluruh Indonesia melalui lembaga riset pertanian beberapa kampus seperti Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Sebelas Maret Solo, dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Pada Tanggal 14 Februari 2001, Menerbitkan Majalah  Wacana Mitra  sebagai media pembelajaran UKM mitra binaan Bogasari.

Pada thn 2002 Memperoleh sertifikat HACCP untuk standar keamanan pangan, yang tahun 2007 dikonversi menjadi ISO 22000 versi 2005.

Pada thn 2003 Memperolah Sertifikat Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3).

Dalam rangka memberikan layanan yang lebih prima kepada para mitranya, pada tanggal 14 Oktober 2003, Bogasari meluncurkan fasilitas Layanan Pelanggan Bogasari (Lagansa) sebagai call centre untuk menampung pertanyaan, keluhan, harapan masyarakat pengguna tepung terigu Bogasari dengan nomor layanan 0807-1-800-888.

Pada thn 2007, Memperoleh Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI 3751 versi 2006 dari Balai Besar Industri Agro ABI-Pro, yang saat ini dikenal sebagai SNI 3751 versi 2009.

Pada thn 2011, Memperoleh Sertifikat Sistem Jaminan Halal (SJH) dari LP-POM-MUI. Mendapat Sertifikat ISO 17025 versi 2008 untuk standar mutu jasa pengujian laboratorium di tahun 2012 dari Komite Akreditasi Nasional.

Sejalan dengan perkembangan jaman dan tuntutan konsumen maka pada tahun 2013 Bogasari meluncurkan inovasi baru dan meluncurkan produk/inovasi berupa :

  1. Tepung Premiks Cepat Saji “Chesa” dengan 5 varian sekaligus yakni Cookies, Pancake, Pao, Soes, Truffle, bahkan pada tahun 2014 Bogasari telah meluncurkan kembali variant pilihan lainnya, yaitu Kue Lumpur, Cheezy Fingertips, Donat, Bolu Kukus dan Japanese Steam Cake.
  1. Tepung prmium Cakra Kembar Emas (CKE) dalam kemasan 5  kg,  spesial untuk Roti, Roti Pao/Mantao,  dan Roti Oriental.
  1. Menjadi pabrik tepung terigu pertama yang memproduksi terigu dalam kemasan 1 kg atau Consumer Pack  Premium (CPP) yang memiliki kandungan tambahan berupa Vitamin A, B3, dan D3, dengan merek Cakra Kembar, Segitiga Biru, dan Kunci Biru.

Meluncurkan karung terigu 25 kg dengan konsep degradable atau ramah lingkungan yang diawali dengan merek Segitiga Biru dan saat ini semua kemasan tepung terigu Bogasari @ 25 kg sudah memakai kemasan degradable.

Pada thn 2014, Meluncurkan terigu pertama

Meluncurkan terigu pertama dalam kemasan cup bernama Chesa Microwave Cup (Chesa Cup MIC) dengan 3 varian yakni Pandan, Chocolate, dan Vanilla.  Meluncurkan 5 varian baru Chesa Box, yakni Kue Lumpur, Cheezy Fingertips, Donat, Bolu Kukus dan Japanese Steam Cake.

The Journey begins..

Alamat:

PT Bogasari Flour Mills Indonesia.

Jl. Raya Cilincing No.1 Tanjung Priok Jakarta Utara

  1. Jakarta International Container Terminal (JICT)

PT Jakarta International Container Terminal (PT JICT) merupakan perusahaan afiliasi Perseroan yang didirikan pada tahun 1999. Sahamnya mayoritas dimiliki Hutchison Port Holding Group (HPH Group) sebesar 51%. Sisanya 48,9% dimiliki Perseroan dan 0,1% dimiliki Koperasi Pegawai Maritim.

Bidang usaha PT JICT adalah pelayanan bongkar muat petikemas baik ekspor maupun impor di Pelabuhan Tanjung Priok. Pada awal berdirinya, PT JICT mampu menangani 1,8 juta TEUs dan meningkat hingga 2,4 juta TEUs pada akhir 2007. Dengan lingkup operasional dan kapasitas yang ada, PT JICT merupakan terminal petikemas terbesar dan tersibuk di Indonesia. Dengan penambahan dermaga sepanjang 552 m dan lapangan penumpukan seluas 3,5 Ha, kini PT JICT mampu melayani arus petikemas melalui Pelabuhan Tanjung Priok hingga 3 juta TEUs per tahun.

JICT memiliki lokasi strategis di jantung wilayah Jawa Barat. Dalam rangka mengoptimalisasi pelayanan dan dukungan pada pertumbuhan ekonomi nasional, JICT telah memulai sejumlah proyek perluasan sejak tahun 2008, termasuk pada penambahan dermaga dan halaman penumpukkan, penggunaan sistem operasi terminal yang cangging dan sistem gerbang otomatis pertama di Indonesia.

JICT telah terakreditasi standar ISO 9002 dan bertujuan untuk menyediakan layanan terbaik melalui dedikasi tenaga kerja kami yang berpengalaman dan penerapan teknologi di era terbaru.

Selain menjadi pelopor 100% terminal steril yang memberikan keamanan, keselamatan dan kebersihan di setiap lini di lingkungannya, JICT menyediakan layanan berkualitas kepada lebih dari 20 perusahaan pelayaran dengan rute langsung ke lebih dari 25 negara dan berkomitmen untuk menyediakan pelayanan yang cepat, efisien dan layanan yang handal 24 jam sehari, sepanjang tahun.

Main Office

Address: Jl. Sulawesi Ujung No.1, RW.1, Koja, Tj. Priok, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Phone:(021) 43905111 Website : http://www.jict.co.id/

  1. Indonesia Stock Exchange (IDX)

Bursa Efek Indonesia (Indonesian: Bursa Efek Indonesia) adalah bursa saham yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Hal itu sebelumnya dikenal sebagai Bursa Efek Jakarta (BEJ) sebelum namanya berubah pada tahun 2007 setelah bergabung dengan Bursa Efek Surabaya (BES). Sebagai akhir 2012, Bursa Efek Indonesia memiliki 462 perusahaan yang terdaftar dengan kapitalisasi pasar gabungan dari $ 426.780.000.000.

Sejarah

Awalnya dibuka pada tahun 1912 di bawah pemerintahan kolonial Belanda, itu dibuka kembali pada tahun 1977 setelah beberapa penutupan selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Setelah dibuka kembali pada tahun 1977, bursa berada di bawah pengelolaan Badan yang baru dibuat Pengawas Pasar Modal (Badan Pengawas Pasar Modal, atau Bapepam), yang menjawab dengan Departemen Keuangan. aktivitas perdagangan dan kapitalisasi pasar tumbuh bersama perkembangan di Indonesia pasar keuangan dan sektor swasta – disorot oleh banteng besar dijalankan pada tahun 1990. Pada tanggal 13 Juli 1992, bursa diprivatisasi di bawah kepemilikan Efek Jakarta Inc. Akibatnya, fungsi Bapepam berubah menjadi Badan Pengawas Pasar Modal. Pada 22 Maret 1995 BEJ meluncurkan Jakarta Automated Trading System (JATS). Pada bulan September 2007, Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya bergabung dan bernama Bursa Efek Indonesia oleh Menteri Keuangan Indonesia. Lokasi saat ini Bursa Efek Indonesia terletak di gedung BEI di Sudirman Central Business District, Jakarta Selatan, dekat lokasi saat ini Pacific Place Jakarta.

Merger

Kedua Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES) bergabung untuk membentuk entitas baru “Bursa Efek Indonesia” (Bursa Efek Indonesia). Setelah merger, entitas baru memiliki tujuh direktur.

Address: Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53,  No.Kav 52-53, Senayan, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Phone:(021) 5150515

Tujuan Kegiatan

  1. Menambah wawasan ilmu pengetahuan dan informasi baru dalam perkembangan sains dan teknologi terkini bagi para mahasiswa dan dosen Jurusan/Prodi Sistem Informasi.

Output Kegiatan

Hasil dari kegiatan kunjungan industri/fieldtrip mahasiswa ini adalah:

  1. Mahasiswa dan dosen dapat memahami dan mengetahui mengenai sejarah singkat dari PT. Bogasari Flour Mills Indonesia yang sekarang ini menjadi divisi dari PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, dengan nama PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasari Flour Mills Indonesia. Dapat memahami dan mengetahui sejarah singkat dari Jakarta Intenational Container Terminal (JICT) serta Indonesia Stock Exchange (IDX)
  2. Mahasiswa dan dosen dapat memahami dan mempelajari penerapan SAP pada perusahaan serta proses bisnis yang ada pada perusahaan.
  3. Mahasiswa dan dosen dapat memahami dan mempelajari Automasi proses produksi yang di jalankan pada perusahaan.
  4. Mahasiswa dan dosen dapat memahami dan mempelajari aplikasi sistem inventory dan database yang di gunakan pada Jakarta Intenational Container Terminal (JICT)
  5. Mahasiswa dan dosen dapat memahami dan mempelajari mengenai Investasi dan Pasar Modal Syariah serta penerapan investasi pada bursa efek.

Dokumentasi Kegiatan

Kunjungan ke Bogasari

WP_20160602_005 WP_20160602_011 WP_20160602_013WP_20160602_087 WP_20160602_015 WP_20160602_016WP_20160602_017WP_20160602_019WP_20160602_022WP_20160602_023WP_20160602_028WP_20160602_033WP_20160602_047WP_20160602_051WP_20160602_052WP_20160602_053WP_20160602_063WP_20160602_064WP_20160602_067WP_20160602_088WP_20160602_092WP_20160602_094WP_20160602_096WP_20160602_103WP_20160602_105IMG-20160602-WA0003IMG-20160602-WA0014IMG-20160602-WA0018IMG-20160602-WA0020IMG-20160602-WA0030IMG-20160602-WA0032IMG-20160602-WA0036

Fieldtrip / Kunjungan Industri Mahasiswa

KUNJUNGAN INDUSTRI (FIELDTRIP)  

PT. Bungasari Flour Mills Indonesia

PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk

PT. Krakatau Posco

Tema : “Implementasi Keilmuan dalam Dunia Industri”

Kamis, 17 September 2015

Kunjungan Industri Mahasiswa Prodi SI dengan peserta Mahasiswa Prodi SI angkatan 2014 dan 2013 serta di dampingi oleh beberapa dosen.

Berangkat dari UIN dengan menggunakan Bus pada pukul 6.30 pagi  dan tiba di PT Krakatau Steel Cilegon jam 9.30

WP_20150917_002 WP_20150917_009 WP_20150917_013 WP_20150917_029 WP_20150917_053

WP_20150917_041 foto3WP_20150917_043 WP_20150917_044 foto2

Foto bersama di salah satu anak perusahaan PT. Krakatau Steel

Foto bersama di salah satu anak perusahaan PT. Krakatau Steel

WP_20150917_049

lanjut ke PT Bungasari Flour Mills Indonesia

WP_20150917_151

Pemberian Plakat kepada GM Production PT. Bungasari

WP_20150917_158

Foto bersama di PT Bungasari Flour Mills Indonesia

WP_20150917_056WP_20150917_163WP_20150917_057

 

WP_20150917_073WP_20150917_076

WP_20150917_149

Belajar sistem SAP

       WP_20150917_085 WP_20150917_102

WP_20150917_107 WP_20150917_112

Serius menyimak penjelasan komputerisasi proses produksi dengan menggunakan sistem SAP

Serius menyimak penjelasan komputerisasi proses produksi dengan menggunakan sistem SAP

WP_20150917_138 WP_20150917_139 WP_20150917_136

 WP_20150917_148