Category Archives: Akreditasi

Pertemuan Forum Pimpinan Prodi Sistem Informasi se-Indonesia

Pertemuan Forum Pimpinan Prodi Sistem Informasi se-Indonesia,

2 Juli 2018

LATAR BELAKANG

Dalam rangka merumuskan dan menyepakati positioning program studi Sistem Informasi terhadap program studi lain di Indonesia (dalam hal kurikulum maupun penelitian), penentuan okupasi-okupasi domain Sistem Informasi, dan kerja-sama pengumpulan feedback industri terkait pengetahuan dan ketrampilan masing-masing okupasi domain Sistem Informasi, maka asosiasi profesi Association for Information Systems – Indonesia chapter (AISINDO) bekerja-sama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) mengundang para pimpinan program studi seluruh Indonesia (atau yang mewakili) untuk menghadiri  Pertemuan Forum Pimpinan Prodi Sistem Informasi se-Indonesia.

Pertemuan dan hasil pertemuan ini sangat penting dan strategis khususnya bagi pengembangan kurikulum setiap program studi Sistem Informasi di Indonesia, ke-khas-an ruang lingkup pendidikan dan penelitian Sistem Informasi dibanding bidang ilmu lainnya, okupasi-okupasi yang dapat diclaim sebagai domain program studi Sistem Informasi, dan kerja-sama jangka panjang antar program studi Sistem Informasi di Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan  selama satu (1) hari pada tanggal 2 Juli 2018, bertempat di Universitas Pelita Harapan (UPH), Multipurpose Room, MYC, Gedung C Lantai 2, Jl. MH. Thamrin Boulevard 1100 Lippo Village, Kelapa Dua, Karawaci, Tangerang, Banten. Dan dihadiri oleh Pimpinan Prodi Sistem Informasi seluruh Indonesia. Dari Prodi Sistem Informasi hadir;

  1. Nia Kumaladewi, MMSI
  2. Dr. Qurrotul Aini, MT
  3. M. Qomarul Huda, PhD
  4. Bayu Waspodo, MM

Benchmarking Sertifikasi AUN-QA

Benchmarking Sertifikasi AUN-QA

Departemen Teknik Geodesi – Universitas Gadjah Mada (UGM)

Yogyakarta, 29 – 30 November 2017

 

Akreditasi internasional adalah upaya universitas atau program studi (prodi) untuk menunjukkan mereka memiliki sistem penjaminan mutu secara internasional. Lulusannya diharapkan memiliki kualifikasi setara dengan penetapan badan pemberi akreditasi. Bagi universitas atau prodi, perolehan akreditasi internasional mampu memberikan keuntungan tersendiri. Selain meningkatkan minat mahasiswa ke suatu program studi, pengguna lulusan dapat mengetahui tingkat persiapan mahasiswa untuk memasuki dunia profesi. Akreditasi internasional juga memudahkan mobilitas pertukaran mahasiswa karena mahasiswa memiliki kualifikasi yang jelas. Ada perubahan mendasar dalam akreditasi internasional yakni menjadikan outcomes dan asesmen pencapaiannya sebagai basis akreditasi pada badan-badan pemberi akreditasi internasional. Perubahan tersebut menuntut perubahan lain dalam pelaksanaan berbagai aspek pendidikan.

ABEST21 tergolong organisasi baru yang berdiri pada tahun 2005 di Jepang. Aliansi ini memiliki misi meningkatkan manajemen pendidikan dari sekolah bisnis dengan cara mendorong kerjasama antar anggotanya dalam upaya bersama menghadapi tantangan di abad ke-21.  ABEST21 telah mengakreditasi sejumlah sekolah bisnis top Asia seperti S.P. Jain School of Global Management dari Singapura, Waseda Business School dari Waseda University Jepang, dan Graduate School of Management dari Kyoto University Jepang.

Prodi Sistem Informasi – FST UIN Jakarta mulai menyiapkan berbagai hal untuk mendukung usaha dalam meraih akses hubungan internasional dengan lebih mudah. Termasuk diantaranya memanfaatkan adanya sertifikasi berupa Quality Assessment  oleh ASEAN University Network atau AUN, yang merupakan jaringan universitas se-Asia Tenggara.

Salahsatu kegiatan pendukung dalam menyusun dan menyiapkan sertifikasi Quality Assessment  oleh ASEAN University Network atau AUN, yang merupakan jaringan universitas se-Asia Tenggara adalah dengan melakukan kegiatan Benchmarking AUN QA ke Departemen Teknik Geodesi, Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tanggal 29 dan 30 November 2017.  Hasil dari kunjungan tersebut adalah sharing ilmu dan pengalaman dalam menyusun dan menyiapkan dokumen dan lampiran AUN. Semoga kegiatan tersebut memberikan manfaat dan semangat bagi prodi di FST UIN Jakarta khususnya Prodi Sistem Informasi dalam menyiapkan sertifikasi Quality Assessment  oleh ASEAN University Network atau AUN. Aaminnnn

Berikut dokumentasi dari kegiatan tersebut;

 

 

Seminar Sistem Informasi Indonesia (SESINDO), Meet & Greet AIS President, Workshop e-Government, Seminar dan FGD Kurikulum Prodi Sistem Informasi

Seminar Sistem Informasi Indonesia (SESINDO), Meet & Greet AIS President, Workshop e-Government, Seminar dan FGD Kurikulum Prodi Sistem Informasi – AISINDO

Prodi Sistem Informasi pada tahun 2017 hadir dalam kegiatan yang di selenggarakan oleh AISINDO pada tanggal 6-7 November 2017 di Sanur Paradise Plaza Hotel, Sanur Bali. Pada kesempatan ini Prodi Sistem Informasi dengan di wakili oleh KaProdi SI yaitu Ibu Nia Kumaladewi, MMSI hadir pada session FGD Kurikulum Prodi SI. Pada FGD tersebut dilakukan sharing kurikulum mengenai Profil Prodi dan Spesisifikasi dari Prodi SI. Hadir juga Prof. Matti Rossi, AIS President, Aalto University-Finlandia dan  Dr. Caroline Chan, President of Australian Council of Professor and Heads of Information Systems/ACPHIS, Australia).

Materi : Klik link

 

Visitasi Akreditasi S1 Prodi Sistem Informasi

Visitasi Akreditasi S1 Prodi Sistem Informasi

25-27 Agustus 2017

 

Pelaksanaan Kegiatan Visitasi Akreditasi S1 Prodi Sistem Informasi, Alhamdulillah di buka dan di hadiri oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Prof. Dr. Dede Rosyada, MA), Ketua SPI (Dr. Achmad Tjahya Nugraha), Wakil Dekan 1 Akademik FST, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Ketua Program Studi Sistem Informasi, Sekretaris Prodi, dosen,  kasubag umum, akademik dan civitas akademik FST UIN Jakarta turut menghadiri pembukaan Visitasi Akreditasi S1 Prodi Sistem Informasi FST UIN Jakarta yang dimulai dari pkl. 08.30 WIB s.d pkl. 21.30 WIB.

Dengan Tim Asesor Akreditasi BAN PT,

  1. Prof. Dr. Ir. Joko Lianto Buliali (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  2. Prof. Dr. Ir. Benhard Sitohang (Institut Teknologi Bandung)

Hadir juga pada kegiatan tersebut, mahasiswa, alumni dan stakeholder. Terimakasih kepada semua civitas akademik  yang telah mensupport pelaksanaan kegiatan Visitasi Akreditasi S1 Prodi Sistem Informasi.

 

 

 

Rapat Koordinasi Persiapan Visitasi Akreditasi S1 Prodi Sistem Informasi

Rapat Koordinasi Persiapan Visitasi Akreditasi S1 Prodi Sistem Informasi

dilaksanakan pada tanggal 22-24 Agustus 2017 di Ruang Sidang Utama (RSU) Lt.2 FST

Kegiatan ini di laksanakan guna mempersiapkan finalisasi data dan sistem untuk pelaksanaan Visitasi Akreditasi. juga di lakukan simulasi perhitungan matriks untuk penilaian akreditasi setiap standar.  Alhamdulillah Tim Akreditasi dengan di bantu oleh beberapa mahasiswa dan tim pustipanda tetap semangat dalam mempersiapkan Visitasi yang akan di laksanakan pada tgl 25-27 Agustus 2017. Terimakasih untuk tim dan semua pihak yang men support dari pagi hingga malam dan sudah bekerja membuat naskah dan menyiapkan semua lampiran guna kelancaran dan suksesnya Visitasi Akreditasi Prodi SI.

Kegiatan Konsinyering Dokumen Akreditasi Prodi Sistem Informasi

Pelaksana sistem Pendidikan Nasional di Perguruan Tinggi berimplikasi pada peningkatan mutu pendidikan, peningkatan efesien dan kemandirian manajemen pendidikan serta kesiapan dalam menghadapi tantangan sesuai tuntunan global. Salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan di Perguruan Tinggi adalah melalui akreditasi program studi.

Akreditasi merupakan pengakuan publik terhadap suatu perguruan tinggi sebagai garansi kepada masyarakat bahwa perguruan tinggi tersebut layak untuk menyelenggarakan proses belajar mengajar dan lulusannya dapat dimanfaatkan oleh dunia kerja. Hal ini sesuai dengan salah satu IKU yang ingin dicapai oleh FST yaitu skor minimal akreditasi prodi minimal 361.

Pada tahun 2017, prodi SI FST akan menyelenggarakan akreditasi oleh karena itu diperlukan persiapan baik berupa pengadaan dan pencetakan serta penggandaan dokumen borang beserta lampiran-lampirannya.

Kegiatan ini alhamdulillah telah dapat dilaksanakan sesuai dengan tanggal 6 – 10 Maret 2017 dengan menghasilkan naskah/dokumen audit akademik untuk akreditasi prodi Sistem Informasi, naskah Evaluasi Diri, data audit akademik format sapto (excell) berikut lampiran-lampirannya.

Sertifikat Akreditasi Prodi SI

  1. SK Akreditasi Prodi SI (2017 – 2022) : SK BAN PT Prodi Sistem Informasi (S1) 2017 , Sertifikat Akreditasi Prodi SI (2017-2022) :Sertifikat BAN PT Prodi Sistem Informasi (FST)
  2. SK Akreditasi Prodi SI (2012 – 2017) : SK_BAN_PT_Sistem_Informasi , Sertifikat Akreditasi Prodi SI (2012 – 2017): Sertifikat_BAN_PT_Sistem_Informasi_-_5_Juli_2012_-_5_Juli_2017

Sertifikat Akreditasi Prodi SI

3. Sertifikat Akreditasi Prodi SI (2006 – 2011) ;