VISI, MISI DAN TUJUAN Prodi Sistem Informasi

VISI

Menjadi Prodi Sistem Informasi terkemuka secara  internasional dan meluluskan sarjana SI yang profesional di bidangnya dan mampu mengintegrasikan kaidah keilmuan SI, norma dan etika keislamanan serta keindonesiaan pada tahun 2020.

 

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran di bidang SI yang dilandasi norma dan etika keislaman dan keindonesiaan serta memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan global.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di bidang SI dengan mengintegrasikan dengan kaidah keilmuan SI, norma dan etika keislamanan dan keindonesiaan.
  3. Memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penerapan bidang SI.

 

MOTTO :

KNOWLEDGE
Komitmen untuk membentuk insan yang cerdas dan kreatif.

PIETY
Mengandung arti komitmen dalam membentuk akademika yang shaleh.

INTEGRITY
Memiliki tujuan untuk menyatukan beberapa kelompok melalui keluasan hati.

INNOVATION
Amanah untuk menciptakan generasi perintis dalam bidang Sains dan Teknologi.

COMPREHENSIVE EXCELLENT
Unggul secara komprehensif yang bukan hanya unggul dalam bidang ilmu dan keterampilan (skill) bidang informatika (well-rounded knowledge in ICT), tapi juga unggul dalam akhlak, moral dan Syahsiyah .

 

TUJUAN

Tujuan Umum;

Menghasilkan Sarjana Sistem Informasi (S.Kom) yang memiliki pemahaman teori dan metode di bidang SI, profesionalitas dan integritas, serta etika dan sikap islami sehingga mampu menganalisis dan memecahkan berbagai persoalan di bidang SI yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Tujuan Khusus;

Meluluskan Sarjana SI dengan karakteristik sebagai berikut:

  1. Memiliki landasan ketaqwaan kepada Allah SWT dan meneladani Rasulullah SAW.
  2. Menguasai analisis dan teknik optimasi, perancangan, pembangunan, dan penerapan SI yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  3. Mampu merencanakan dan mengelola proyek SI sebagai seorang proyek manager SI untuk sebuah organisasi atau sebuah komunitas berdasarkan kaidah manajemen proyek.
  4. Mampu merekayasa dan mengoptimalkan kinerja SI dalam suatu proyek SI untuk organisasi yang kompleks dengan keterkaitan infrastruktur, struktur organisasi, SDM, proses dan prosedur, kebijakan, peraturan, dan budaya organisasi
  5. Mampu menerapkan dan mengembangkan SI berbasis syariah sesuai dengan perkembangan keilmuan, teknologi, dan bisnis bidang SI.
  6. Menguasai teori dan metodologi penelitian bidang SI sehingga dapat melakukan penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  7. Memiliki landasan norma dan etika islami yang terwujud dalam sikap dan integritasnya dalam melakukan pengembangan di bidang SI.
  8. Mampu beradaptasi secara efisien dan efektif dengan perkembangan keilmuan, teknologi, dan bisnis bidang SI di dalam organisasi dan masyarakat sejalan dengan visi dan misi Prodi SI.